Beberapa Tempat Arung Jeram di Pulau Jawa yang Siap Bikin Jantung Deg-degan

Musim hujan malahan menggambarkan waktu yang pas bagi Anda untuk memulai tamasya pengarungan sungai. Tidak perlu khawatir, bagi yang tidak bisa berenang, Anda juga konsisten bisa merasakan wisata arung jeram ini.

Beraneka sungai di Indonesia dengan estetika alamnya siap mengasah adrenalin. Bila berminat mengarungi sungai-sunga Indonesia, berikut KompasTravel himpun 6 spot arung jeram yang siap bikin jantung Anda deg-degan.

1. Sungai Citarik, Sukabumi. Berlokasi di Taman Nasional Gunung Halimun, rafting di Sungai Citarik menjadi destinasi unggulan bagi pelancong yang berharap menikmati arung jeram di wilayah pulau Jawa. Tingkat kesusahan di sungai inipun sesuai untuk pemula sampai profesional. Bermacam-macam rute tersedia, dari rute terpendek dengan jarak tempuh pengarungan selama satu jam hingga rute terpanjang dengan panjan rute 17 km dan jarak tempuh pengarungan selama 4 jam. Titik start lazimnya diawali dari Desa Cigelong dan berakhir di Desa Citangkolo dan Desa Cikadu. Selama pengarungan, kamu akan disambut dengan panorama hutan di sisi kanan dan kiri sungai. Di sepanjang perjalananan, kamu juga bisa bersua dengan satwa-satwa liar hutan seperti biawak. Arungi sungai berbatu dan selami jeram-jeram menantang di Sungai Citarik.

2. Sungai Pekalen, Probolinggo Sungai Pekalen berlokasi di Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Sungai ini berlokasi 25 km dari kota Probolinggo tepatnya terbentang di antara tiga kecamatan ialah kecamatan Tiris, Maron, dan Gading. Panjang sungai yang dapat diarungi mencapai 29 km yang terbagi atas 3 area. Sungai Pekalen Atas berjarak 12 km, Sungai Pekalen Tengah berjarak 7 km, dan Sungai Pekalen Bawah berjarak 10 km. Untuk tingkat kesusahannya bahkan dibagi menjadi grade 2 sampai +3 dan kedalaman air kurang lebih 1-3 meter.

3. Sungai Elo, Magelang Sungai Elo mempunyai panjang rute 12 km dan dengan waktu pengarungan kurang lebih 2,5 jam sampai 3 jam. Sungai ini terletak di Desa Pare, Blondo Mungkid, Magelang. Sungai ini mempunyai tingkat kesusahan grade 2 yang berarti aman untuk pemula, anak-anak di atas delapan tahun sampai pengunjung yang tak bisa berenang sekalipun.

4. Sungai Progo, Magelang Tak cuma Sungai Elo, Sungai Progo juga menjadi salah satu spot arung jeram yang dihadirkan di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Di Sungai Progo, Anda bisa memilih tingkat kesulitan rendah hingga tinggi dengan aneka panorama indah. Dalam pengarungan Sungai Progo, kamu akan menempuh jarak sepanjang 9 kilometer dengan waktu tempuh selama 1,5 jam sampai 2 jam. Adakalanya kelihatan riakan-riakan air menggambarkan jeram yang siap menguncang adrenalin Anda.

5. Sungai Cisadane, Bogor Sungai Cisadane dikenal dengan mata air dari area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Ada sekitar 4-5 jeram di Sungai Cisadane yang siap memacu adrenalin. Tiap-tiap jeram mempunyai sensasinya masing-masing. Untuk tingkat kesusahan arung jeram cisadane pun bervariatif, mulai dari grade 2 hingga grade 4, dengan panjang pengarungan sejauh 13 kilometer dan waktu tempuh selama 2,5 jam hingga 3 jam. Selama pengarungan Sungai Cisadane, kamu akan disuguhkan pemandangan perkebunanan dan bukit bukit dan hijau. Pohon bambu yang rimbun akan mengiringi pengarungan Anda.